Sunday, February 10, 2013

Sampah

source: http://www.belantaraindonesia.org/2011/02/jangan-buang-sampah-di-gunung.html
Sampah merupakan sesuatu yang sudah tidak kita butuhkan lagi atau bisa dikatakan sebagai sisa dari segala yang kita pakai, bisa berupa organik maupun anorganik. Semua orang tentunya merasa risih dan tidak nyaman jika lingkungannya dikotori dengan sampah. Kita sering melihat tulisan "buanglah sampah pada tempatnya", tempat sampah pun sering kita temukan di setiap tempat. Namun pada kenyataannya masih ada orang yang tidak menyadari hal ini sehingga mengakibatkan sampah-sampah yang berserakan. Sepertinya hal ini terjadi karena belum adanya kesadaran peduli lingkungan dari setiap individu.
Menurut pengamatan yang secara tidak sengaja ku lihat, seseorang yang membuang sampah sembarangan itu disebabkan oleh tidak adanya tempat sampah yang dekat dengannya dan malas beranjak dari tempat yang sedang didiaminya. Misalnya di tempat parkir, dengan melihat lingkungan sekitar yang sepi, disembunyikan lah sampah itu di bawah kendaraan, contoh lain di kelas, disimpan saja seenaknya sampah itu di bawah meja, bahkan di jalan raya, entah alasan apa pernah ada penumpang mobil yang sedang melaju membuang sampah ke jalan melalui kaca mobil, ckckck...ada-ada saja. Jika hal ini terjadi, kita bisa siasati dengan membawa sampah tersebut sampai menemukan tempat sampah. Jika memang sampah tersebut merupakan sampah basah, kita bisa membawa dan mengantonginya dengan kantong keresek.
Kita bisa melihat kenyataan yang terjadi akibat kesalahan dalam mengelola sampah seperti bencana banjir yang terjadi di Ibu Kota akhir-akhir ini. Salah satu kesalahannya yaitu membuang sampah ke sungai. Sampah yang dibuang memang tidak lagi ada disekitar tempat pembuangan itu, tapi sampah itu pasti terbawa arus air dan akan terhenti di tempat yang tidak dapat dilaluinya (tersendat di suatu tempat), yang akhirnya menyumbat air yang seharusnya mengalir, bahkan jika air tersebut deras bisa jadi air itu akan meluap ke daratan (banjir). Kita bisa bayangkan jika hal tersebut terjadi di sekitar kita, naudzubillah..
Membuang sampah pada tempatnya ini merupakan hal terkecil yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk mencegah banjir dan mencintai lingkungan hidup agar terciptanya lingkungan yang sehat. Bukannya untuk melakukan perubahan besar dimulai drai hal yang paling kecil? :) Yuk mulai dari diri sendiri dan dari sekarang :)

No comments:

Post a Comment