Jumat, 25 Januari 2013

Suka Duka Bikin Proposal

Alhamdulillah 6 bulan terakhir ini udah belajar bikin tiga proposal penelitian dengan berbagai macam tema tapi tetap dalam ruang lingkup PKn. Beda banget sama proposal kegiatan. Cukup menguras pikiran dalam pembuatan proposal ini. Tapi alhamdulillah jadi lumayan ngerti kalau praktek langsung kayak gitu. Untuk sebagian orang mungkin ini hal biasa atau hal yang mudah mereka lakukan, tapi buat aku, aduh pusing deh pokoknya, ga gampang.
source: http://ororio.blogspot.com/2013/01/proposal-kegiatan-lomba-sekolah.html
Proposal yang pertama, aku bikin buat tugas akhir mata kuliah Metode Penelitian Ilmu Sosial atau sering kita singkat sebagai Metlit IS. Menurutku, bikin proposal yang ini ga terlalu ribet soalnya dosen yang bersangkutan sering ngasih tugas tiap minggunya dan langsung dicek satu persatu. Mulai dari bikin latar belakang, nyari teori, bikin instrumen,dll. Jadi kita bisa tahu dimana letak kesalahan kita dan bisa memperbaikinya. Tapi waktu itu pas semester padat, jadinya ga semua subbab dalam proposal ditugasin. Alhasil waktu bikin proposal sebagai tugas akhir agak keteteran di metodenya. But alhamdulillah selesai juga meski lagi liburan Idul Fitri waktu itu :)
Proposal yang kedua, dibikin buat tugas akhir mata kuliah Metlit PKn. Lumayan ada pencerahan soalnya ga jauh beda sama Metlit IS. Mata kuliah ini dosennya baik banget, tapi kurang tegas. Jadinya kita santai-santai aja. Alhasil keteteran pas bikin proposal buat tugas akhir. Trus waktu itu aku sempet ngedrop soalnya pas awal-awal aku ngajuin judul, beliau nerima. Tapi pas akhir-akhir aku ngasih contoh judul yang udah diterima itu katanya kurang tepat, harus diganti lagi. Abis gitu aku bingung deh, sempet males juga mikirinnya. Hmm. Tugas yang satu ini pas banget sama minggu tenang yang anak sekolah lagi liburan, jadinya aku ikutan liburan,hahaha banyak godaannya pokoknya. But finally it finished on time :D
Daaan yang ketiga, bikin proposal buat skripsi. Serius ini mah buat tugas akhir kuliah bukan mata kuliah biasa yang selesei satu semester. Kuliah coy,hahaha. Ga stres gimana, lagi minggu tenang tiba-tiba ada jarkom nanti pas UAS harus ngumpulin tiga judul alternatif proposal. Huaa..serius?ga mimpi kan?ya Allah..waktu itu aku bingung banget. Karena keasyikan liburan, istilahnya refreshing abis pusing-pusing kuliah empat bulan, alternatif judul proposal itu aku bikin sehari sebelum dikumpulin. Parah banget. Jangan diikutin. Ga baik,haha. Parahnya lagi, sejam sebelum dikumpulin aku baru dapet jarkom harus dikumpul jam segitu dan belum nemu judul satu lagi. Gubrakkk. Tapi alhamdulillah ada ide juga. Ngedadak sih, dipaksa mikir keras jadinya :D
Dari tiga judul itu, cuma satu yang diterima, diumumin abis beres UAS. Proposal yang ketiga ini dibikin beberapa hari setelah UAS dan harus dikumpulin 10 hari abis judul di acc. aku ngerjain di kosan, ngulik proposal, keluar cuma beli makan aja. Pusiiiing semuanya. but alhamdulillah finished again :) tinggal seminarnya, mudah-mudahan dilancarkan dan diterima,aamiiin :)
Hikmah: jangan males, harus bisa ngatur waktu, bisa ngendaliin diri apapun rintangannya :D
dan tetep percaya sama pertolongan Allah SWT ;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar