Monday, May 19, 2014

Mengatasi Bengkak dengan Beras dan Kencur

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ya, kalimat yang sering kita dengar ini memang benar adanya. Kita lebih baik menjaga kesehatan daripada sakit lalu mengobatinya. Namun jika kita mendapat ujian berupa suatu penyakit atau pun kejadian yang tidak diinginkan tentunya harus memiliki solusi untuk mengatasinya. Tidak ada satu pun penyakit yang paling enak, sekali pun flu yang mungkin sering diremehkan namun tetap saja flu ini mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Badan kita yang biasanya dapat melakukan segala kegiatan dengan normal akan terganggu jika ada salah satu dari anggota tubuh yang sakit atau terluka. Berbagai macam obat untuk mengatasinya sering kita temukan baik dari bahan kimia maupun herbal, bergantung kebutuhan.
Beberapa minggu yang lalu aku terjatuh dari motor. Mata kakiku sedikit terluka, ku obati dengan obat luka biasa karena menurutku itu hanya lecet biasa. 1, 2 hari berlalu aku bisa berjalan seperti biasa namun di hari ketiga kakiku mulai terasa sakit bahkan bengkak. Lalu aku diurut ke tukang urut setempat. Tidak ada perubahan, kakiku tetap sakit, terasa sangat berat, untuk berdiri pun sangat susah terlebih untuk berjalan. Makin hari kakiku semakin bengkak, mamah dan nenekku menyarankanku untuk mengompresnya dengan air hangat dan mengobatinya dengan tumbukkan beras dan kencur. 
Caranya cukup mudah. Kompres bagian yang bengkak dengan air hangat dengan handuk kecil atau apapun yang menyerupainya, setelah beberapa kali dikompres keringkan bagian yang bengkak, tumbuk beras dan 2-3 cm kencur (tergantung ukuran bengkaknya) yang sudah dibersihkan lalu tempelkan pada bagian yang bengkak, biarkan tumbukkan beras dan kencur itu sampai kering. Bersihkan. Waktu itu, ku lakukan hal itu setiap sebelum tidur agar kakinya dibiarkan istirahat. Saat tidur, sebaiknya posisi kaki lebih tinggi daripada badan kita untuk melancarkan peredaran darah. Jangan kaget saat bangun tidur, beras sama kencurnya akan mengelupas sendiri dan berjatuhan ke kasur, hehe.
Alhamdulillah setelah kurang lebih 3-4 kali kakiku tidak bengkak lagi, terasa ringan, dan dapat berjalan normal seperti biasanya. Tapi semua itu tetap tak luput dari pertolongan Allah yang memberikan kesembuhan, jadi selain berusaha kita juga tetap harus berdoa supaya diberi kesembuhan :)

3 comments: