Friday, January 20, 2012

Pembekalan YRT

Tadi siang abis pembekalan buat Young research training(YRT) 2012 besok. YRT itu adalah salah satu rangkaian pengkaderan masuk UKM LEPPIM (lembaga edukatif pengkajian dan penelitian ilmiah mahasiswa)UPI. Sebelum YRT ini ada LEPPIM Intensif Class (LIC) yang berisi matei-materi mengenai kepenulisan dan mentoring per kelompok yang diadakan satu minggu sekali. Ada dua materi yang disampaikan dari pembekalan tadi. Materi pertama membahas tentang metode penelitian dan materi kedua yaitu instrumen penelitian yang disampaikan oleh dua orang pemateri yang luar biasa dan tidak membosankan. Ternyata penelitian yang ilmiah itu asyik dan tidak kaku (menurut saya ^^).
Metode penelitian itu terdiri dari dua pendekatan, kualitatif dan kuantutatif. Pendekatan kualitatif lebih condong ke pengembangan teori atau seperti yang kita ketahui datanya berupa penjelasan (deskriptif). Pendekatan kuantitatif lebih ke pembuktian teori dan datanya berupa angka-angka. Adapun jenis instrumen penelitian terdiri dari empat yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes.
Setelah pemaparan materi, kami melakukan simulasi dari materi yang disampaikan. Kami berkumpul dengan anggota kelompok masing-masing untuk mendiskusikan permasalahan apa yang akan kita ajukan buat persiapan penelitian besok. Kami saling bertukar argumen dan akhirnya menemukan satu permasalahan untuk dikaji hari esok di TKP.
Mungkin bahasanya campuran gini ya, maklum saya lagi belajar nulis, makanya saya ikutan Leppim biar bisa nulis,hehe^^
Hikmah yang dapat diambil, jangan dulu menganggap sesuatu itu ga asyik kalau kita belum mencobanya :)

No comments:

Post a Comment