Sunday, February 19, 2012

4 Karakter Manusia


Pernahkah kamu merasa kurang nyaman dengan sikap sendiri ataupun orang lain? Eits, jangan dulu ngambil keputusan ya. Ingat, setiap orang punya karakter yang berbeda lho. Maka dari itu, sebelumnya kita harus mengenal dulu karakter diri kita sendiri biar bisa memahami karakter orang lain juga. Menurut Florence Littauer dalam bukunya Personal Plus ada 4 karakter manusia yaitu korelis, sanguinis, melankolis, dan plegmatis.
  1. Korelis. Seseorang yang mempunyai sifai ini selalu memimpin dalam segala hal, cenderung keras, mudah mengkritik orang lain namun tidak mau dikritik, cocok untuk jadi pemimpin karena mudah memutuskan sesuatu, tidak terlalu banyak pertimbangan yang terkadang menguras waktu.
  2. Sanguinis. Tipe orang yang humoris, supel, easy going, dan cenderung ceplas ceplos dalam berbicara, jika ada orang tipe ini dalam tiap momen, dijamin ga akan merasa bosan. Tak jarang banyak orang yang suka dengannya karena merasa terhibur. Namun selalu menganggap segala sesuatu itu mudah sehingga sering meremehkan pekerjaannya.
  3. Melankolis. Hidupnya selalu teratur, rapi, sistematis dan perasa yang sangat peka. Semuanya serba terencana. Namun orang denga tipe ini sulit untuk memutuskan sesuatu, harus dapat persetujuan dari orang lain, sulit bergaul karena segala sesuatunya dengan perasaan.
  4. Plegmatis. Orang yang selalu berada dalam keadaan netral. hidupnya mengalir bagai air, cinta kedamaian, sabar dan pendengar yang baik. Namun dalam pergaulannya cenderung diam, lebih senang jadi pendengar, kurang cocok jadi pemimpin karena pemalu dan tidak ingin menonjol di keramaian.
Nah, kurang lebih seperti itulah karakter manusia. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, jangan dulu menjudge orang karena sikapnya yang ga sesuai sama kita ya, lihat dulu karakternya apa.
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment