Wednesday, July 4, 2012

Ckckck..Uang Logam pun Dipalsukan


Maraknya penyebaran uang palsu yang menghiraukan masyarakat Indonesia kini tidak hanya pada uang kertas, namun juga pada uang logam. Pelaku penyebaran uang palsu tersebut dilakukan melalui transaksi baik sebagai penjual maupun pembeli. Hal ini sangat merugikan masyarakat. Miris memang, saat ini banyak orang melakukan kejahatan dengan menghalalkan segala cara, tidak peduli orang lain akan merasa sangat dirugikan atas perilakunya tersebut.
Factor ekonomi merupakan salah satu factor penyebab terjadinya pemalsuan uang ini. Selain itu, kurangnya nilai moral dan nilai agama yang melekat kuat pada diri pelaku pun sangat berpengaruh karena setinggi-tingginya pendidikan seseorang atau secerdas-cerdasnya seseorang jika tidak diimbangi dengan nilai tersebut maka tidak akan ada artinya, semuanya akan sia-sia.
Upaya dalam menghadapi hal ini perlu adanya kewaspadaan dan kehati-hatian dalam menerima uang dari siapa pun itu. Dengan melihat, meraba, dan menerawangnya. Untuk uang palsu, dapat dibedakan dengan meraba ujung logamnya yang sedikit kasar.

No comments:

Post a Comment