Wednesday, July 11, 2012

A kind of heart


Macam-macam hati :
  1. Qolbun mayyitun : hati yang mati. Seseorang yang termasuk ke dalam qolbun mayyitun ini sangat sulit untuk dinasehati dan sulit untuk diingatkan jika dia melakukan kesalahan. Cara menghadapinya yaitu dengan terus-terusan diingatkan dan didoakan.
  2. Qolbun mariidhun : hati yang sakit, yaitu seseorang yang tidak merasa nikmat saat beribadah, tidak sensitif terhadap dosa (menyepelekan sesuatu), menderita jika orang lain sukses, sulit memaafkan kesalahan orang lain, selalu melihat sisi buruk orang lain.
  3. Qolbun saliim : hati yang sehat. Seseoarng yang memiliki hati yang sehat telah menjadikan ibadah sebagai kebutuhan. Tanda-tandanya selalu merasakan kerinduan yang dalam kepada Allah SWT, hatinya selalu terbuka dengan nasehat, berjiwa tawakal (ikhtiar yang bersungguh-sungguh, melakukan yang terbaik dan dibingkai dengan doa, bersyukur saat ia sukses, bersabar saat mengalami kegagalan), husnudzon kepada Allah SWT, membalas keburukan orang lain dengan kebaikan.
*Tulisan diatas ini merupakan intisari pengajian umum@auditorium FPIPS yang disampaikan oleh Ust. Aam Ariruddin. Dengan penyampaian yang mengasyikan, humor, dan intinya tetap tersampaikan sehingga waktu 45 menit terasa sangat cepat :D tapi sayangnya aku telat beberapa menit, jadi materi yang awal-awal aku tidak tahu :(

No comments:

Post a Comment