Monday, May 14, 2012

Weekend yang cukup singkat

Jum'at, 11 Mei 2012
Siang itu, setelah beres kuliah aku langsung bergegas untuk pulang ke rumah di Tasik yang udah sekian lama nunggu waktu yang kosong. Week end kali ini kebetulan mamah lagi ke luar kota, jadi aku pulang buat jagain adik-adik di rumah. Sekitar jam 4 sore, aku nyampe di rumah yang dijemput sama papah+de rani dari Rajapolah. Seneng banget ketemu mereka lagi, de rani keliatan lebih ceria dan tentunya tumbuh besar dibanding sebulan yang lalu waktu aku pulang. Sepanjang jalan Rajapolah-rumah, dia nyanyi-nyanyi dan bercerita segala macam hal yang menurutnya menyenangkan denag suaranya yang khas. Sampe di rumah ada de nisa yang makin tumbuh besar juga. Melihat ke meja makan sudah tersedia nasi dan lauknya, dan ternyata itu masakan papah. Papahku memang pintar masak. Papahku hebat deh :)
Sabtu, 12 Mei 2012
Pagi-pagi papah udah sibuk di dapur, aku malu kedahului sama beliau, yang seharusnya aku lakuin. Ku putuskan buat beres-beres rumah aja. Jam 7 pagi, de nisa sama papah berangkat ke sekolah, aku sama de rani di rumah. Yang menarik pagi itu, de rani kan main sama teman sebayanya di rumah yang akrab dipanggil de ahlam, pas de ahlam pamit pulang, de rani bilang "dadah de ahlam..chibi chibi chibi??" trus mereka barengan bilang "ha ha ha". Aduh aduh...anak kecil zaman sekarang kayak gitu ya, ga ada acara anak kecil di tv jadinya ikutan yang lagi ngetren juga deh, girlband,heuheuheu. mudah2an yang diikuti yang baik-baiknya aja ya,de..
emang sih semenjak ada chibi de rani langsung suka karena gayanya yang unyu-unyu. de rani banget deh. bahkan de rani nyampe hafal lagu sama gerakan tarinya, kalo gayanya mah janga ditanya,haha.
Siangnya kita pergi ke Banjar buat dateng ke acara sunatan sepupu, namanya de rendra, masih tanpa mamah,huhu. Sebenarnya bukan ke Banjar sih tepatnya ke Padaherang, karena dulu kotanya Banjar jadi aja bilang Banjar nyampe sekarang. Nyampe sana jam 7an. Wah wah..ternyata rame banget disana. Banyak yang "nyambungan" alias ngasih bahan pokok atau pun makanan lainnya dan ga tanggung-tanggung, bisa nyampe puluhan kilo. Tadinya mau keluarga aja tapi mungkin ikatan antar tetangganya kuat banget jadi ya gitu, pada bantuin, bapa-bapa, ibu-ibu, anak-anak semuanya ada, padahal itu masih H-1.
Ibu-ibu pada masak, bapak-bapak pada ngumpul-ngumpul, anak-anak pada main, mungkin karena orang tuanya pada kesana jadi ya anaknya juga pada ikutan, tapi anak-anak disini kebanyakan memang temen-temennya de rendra juga
Ahad, 13 Mei 2012
Jam setengah 5 pagi udah banyak anak kecil yang siap-siap mau ikut ke tempat de rendra disunat padahal de rendranya belum bangun. Ga lama de rendra bangun langsung pergi diiringi 2 mobil yang nganter, aku ga ngerti kenapa harus gitu, tapi mungkin itulah budaya disana yang masih dilakukan. Aku ga ikut iring-iringan itu, aku labih memilih bantuin nenek nyiapin makanan di rumah.
Pas rombongan udah nyampe, acara langsung dibuka dengan do'a dan kumpulan bapa-bapa yang dikasih kotak makanan berupa kue-kue basah dan satu kotak lagi nasi beserta lauknya. Ku perhatiin ternyata makanan itu banyak kelompokmya lho, buat nasi ada yang pake tempat yang bulet warna merah ditambah satu plastik makanan ringan khas disana dan ada juga yang pake kotak nasi, serta ada nasi parasmanan biasa. Buat makanan ringan, ada yang pake kotak snack biasa berisi kue-kue basah manis dan asin beserta air minumnya ada juga yang pake plastik yang isinya makanan ringan seperti keripik pisang, raginang, opak, dan sebagainya. Karena aku ga fokus di tempat makanan aja, sambil jagain de rani yang lari-lari trus juga jadinya aku ga terlalu ngerti bedanya apa, mau nanya juga kayaknya kurang memungkinkan soalnya pada sibuk sama kerjaannya masing-masing.
Makin siang makin banyak tamu undangan yang dateng. Jam 1an ada drum band dari murid-murid bibi. menariknya, musik yang dimainkan ada macem-macem, ada iwa peyek yang lagi ngetren itu, ada lagu nasional sampe shalawatan juga semuanya ada. Wah..keren keren.itu anak-anak SMP yang maininnya. Itulah sedikit cerita tentang budaya daerah sana. Suatu budaya akan tetap hidup jika masyarakatnya masih melakukannya secara terus menerus dan terasa kehilangan jika tidak melakukannya.
Jam 5 sore kita pulang ke Tasik, nyampe rumah jam 8an dan udah ditunggu mamah. Senengnya bisa ketemu mamah. Seperti biasa kalo udah lama ga ketemu, kita ga berhenti cerita-cerita nyampe ga kerasa udah jam 10 lebih.
Senin, 14 Mei 2012
Jam 8 pagi aku udah harus kembali ke Bandung, hmm padahal masih kangen keluarga, masih pengen kumpul keluarga tapi gimana lagi, life must go on, hahay. Semangka :D
Ayo ayo..semangat kuliah lagi yo..

No comments:

Post a Comment